Hit Enter to search or Esc key to close
Blog thumbnail

Wisata Terbaik di Manado, Wajib Dikunjungi!

Wisata Terbaik di Manado, Wajib Dikunjungi!

Blog thumbnail

Masih bingung libur akhir tahun mau ke mana? Manado wajib dimasukkan pada daftar kota yang harus dikunjungi. Kita bisa pergi mengajak keluarga atau kolega.

Manado bisa dibilang kota kedua paling ramai di Sulawesi setelah Makassar. Ada banyak obyek wisata di Manado. Baik itu pemandangan di darat dan laut.

Berikut 11 wisata terbaik di Manado, cocok untuk liburan kamu.

1. Taman Laut Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken didirikan pada tahun 1991 dan merupakan salah satu taman laut pertama Indonesia. Pada tahun 2005, Indonesia mendaftarkan taman ini kepada UNESCO untuk dimasukan ke dalam Situs Warisan Dunia.

Taman ini terletak di Segitiga Terumbu Karang. Bunaken merupakan perwakilan ekosistem laut Indonesia yang meliputi padang rumput laut, terumbu karang, dan ekosistem pantai.

Di Bunaken, kamu bisa snorkeling.

2. Jembatan Ir. Soekarno
Jembatan Ir. Soekarno telah diresmikan pada Mei 2015. Jembatan ini menjadi ikon Manado.

Jembatan ini sempat terbengkalai selama 12 tahun. Jembatan sepanjang 1,127 km ini menelan biaya Rp 300 miliar. Kalau kita ke sini, ada pemandangan indah bila berada di atasnya.

3. Air Terjun Tunan
Air Terjun Tunan terletak di desa Talawaan Kabupaten Minahasa Utara. Untuk mencapai air terjun ini memerlukan waktu sekitar 1 jam dari pusat kota Manado.
Jika dari Desa Talawaan, waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 10 menit. Di sana, mata akan disuguhi dengan hijaunya perbukitan dan perkebunan warga di sepanjang. Mobil atau motor kita tidak akan sampai langsung ke air terjun, tapi hanya sampai di tempat parkir berpaving yang sudah tersedia dengan baik.
Kemudian dari tempat parkir kita akan berjalan kaki selama 10 menit, untuk bertemu dengan air terjun setinggi 86 meter tersebut. Jalannya sudah dipersiapkan dengan baik oleh pemerintah.
Gemericik air sungai akan terdengar di sisi kiri dan kanan jalan. Di lokasi ini, kita bisa berfoto-foto untuk diunggah di media sosial.

4. Tebing Amurang
Tebing Amurang berada di Minahasa Selatan, Sulawesi Utara. Pemandangan di batu dinding Kilo Tiga, Amurang, ini menakjubkan.
Tebing ini terbuat dari batu andesit yang dikenal keras. Tingginya sekitar 100 meter. Namun jalur pemanjatan tertinggi hanya 30 meter. Di tebing ini ada 33 jalur yang terdiri dari sembilan jalur panjat dan 24 jalur ekspedisi.
Tebing Amurang sering didatangi para pemanjat tiap akhir pekannya. Baik dari Sulut, luar Sulut, bahkan luar negeri.
Pengunjung yang berminat untuk memanjat bisa hanya sekadar berfoto-foto. Foto-fotonya bisa menjadi profile picture di media sosial.

5. Kota Tomohon

Kota Tomohon berada di tengah kungkungan Gunung Lokon dan Gunung Mahawu. Oleh dari itulah pemandangan di kota ini sangat cantik.
Kota ini merupakan salah satu tempat wisata terfavorit di kota Manado ini. Tomohon mirip dengan Bali, namun atmosfernya berbeda.
Di kota Tomohon, terdapat Taman Bunga Tomohon, Manado. Mirip dengan Bandung, tempat wisata pemandangan di Manado juga memiliki taman bunga yang cantik dan rapi. Berbagai macam bunga dapat ditanam di sini karena sejuk dan segar.
Untuk mengunjungi kota Tomohon ini, dianjurkan untuk datang pada bulan Juni hingga Agustus. Pada bulan-bulan inilah bunga bermekaran serta adanya parade dan festival bunga dari berbagai negara sebagai pesertanya.

6. Pantai Malalayang

Tempat wisata Pantai Malalayang ini berada sekitar 4 kilometer dari pusat kota Manado di Jalan Laut Sulawesi, Sulawesi Utara. Tempat wisata terkenal di Manado ini sangat banyak dikunjungi para wisatawan. Selain karena wisata bawah air yang indah, terdapat juga wisata kuliner di pantia Malalayang ini. Di tempat ini juga bisa snorkeling.

7. Gunung Tumpa

Gunung Tumpa terletak di Kelurahan Meras, Bunaken. Gunung ini bisa ditempuh dengan waktu satu jam dari Manado. Tempat wisata di Manado ini adalah salah satu wisata alternatif bagi yang hobi kegiatan alam. Tempat wisata alam Gunung Tumpa ini menyajikan pemandangan yang menyegarkan. Momen sunset di pegunungan jangan dilewatkan ya.

8. Bukit Kasih
Bukit Kasih, Manado berada di desa Kaonang. Lokasinya sekitar 55 kilometer dari pusat kota Manado. Di tempat wisata ini, kita juga akan disambut sebuah monumen 22 meter yang dinamakan Tugu Toleransi.

9. Rumah Alam Manado Adventure Park

Tempat wisata di Manado ini berlokasi di Jalan Ring Road Manado II, Kairagi Satu, Mapanget, Manado. Di spot wisata ini, kita bisa extreme rapeling, zorbing, hingga mengendarai ATV. Bahkan untuk kamu yang hobi foto-foto, banyak spot Instagrammable-nya.

10. Danau Tondano
Danau Tondano merupakan tempat wisata air yang ada di Manado. Pemandangan di danau ini sangat indah. Tempat wisata ini layak dikunjungi bersama orang-orang tersayang. Danau ini memiliki pulau kecil di tengahnya, mirip dengan Danau Toba.

11. Tempat Oleh-oleh

Setelah berwisata di Manado, untuk mencari tempat oleh-oleh bisa dicari di Jalan BW Lapian. Di sini terdapat suvenir dan makanan khas Manado seperti klapertart.

Jadi, kapan kamu ke Manado? (nwy/fay)

 

 

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi Kami

WhatsApp WhatsApp us