Jika Berencana Liburan ke Manado, Berikut Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Manado, Sulawesi Utara. Objek Wisata Alam Bahari Terbaru, Kekinian dan Sedang Hits yang Wajib Anda Kunjungi untuk Berlibur. Daerah yang menawarkan potensi wisata lengkap, beragam destinasi terhits dengan keindahan alam mengagumkan selain Bunaken.

Manado adalah ibukota dari Provinsi Sulawesi Utara selain terkenal dengan kuiner pedas, nyatanya kota ini juga memiliki aneka destinasi wisata yang masih belum terjamah tangan manusia. Di Manado, panorama alam yang ditawarkan terlihat menakjubkan yang didominasi objek wisata alam.

Beberapa destinasi bahkan masih tersembunyi sehingga terjaga sekali keasriannya. Anda dapat menemui lokasi wisata baru lain dari pada yang lain. Berikut ini daftar tempat wisata di kota Manado yang memukau dan dapat memanjakan mata Anda.

1. Danau Linow

Danau Linow

Pada pembahasan pertama mengenai tempat wisata yang berasal dari kota Manado ini adalah Danau. Yaitu Danau Linow yang di gadang-gadang menjadi salah satu danau dengan pemandangan paling indah seantara pulau Sulawesi. Hal ini tidak berlebihan mengingat keindahan tempat ini sudah terkenal sejak dulu hingga sekarang.

Hal yang paling unik dari danau yang satu ini adalah air pada danau tersebut dapat berganti-ganti sesuai dengan kondisi. Mulai dari warna hijau, biru bahkan terkadang warna cokelat mengingat pada dasar dari danau tersebut. Masih terdapat aktivitas vulkanik yang masih ada dan aktif hingga saat ini.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lahendong, Tomohon Selatan, Kota Tomohon, Sulawesi Utara.

2. Gardenia Country Inn

Gardenia Country Inn

Image Credit: Manadosafaris.com

Tempat berikutnya yang sangat di rekomendasikan untuk Anda kunjungi ketika berada pada Sulawesi adalah Gardenia Country Inn. Seperti halnya namanya tempat ini berupa taman luas yang berisikan aneka jenis bunga yang menghiasinya. Tentunya hal tersebut sangat mendukung untuk aktifitas fotografi yah kawan.

Nantinya ketika mengunjungi Sulawesi dan ingin mencari serta mendapatkan tempat foto terbaik. Ada baiknya Anda mengunjungi tempat ini untuk mendapatkan foto dengan suasana yang mendukung. Apalagi pemandangan tempat ini sangat kontras dengan pemandangan gunung yang ada di sekitarnya

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kawiley, Kakaskasen Dua, Kec. Tomohon Utara, Kota Tomohon, Sulawesi Utara.

3. Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken Bagian Selatan Minahasa Selatan

Bunaken memiliki keindahan biota laut yang mengagumkan, dengan sekitar 58 jenis terumbu karang dan 90 spesies ikan yang menghuni tempat ini. Tak heran bila taman nasional ini mendapatkan label warisan dunia dari UNESCO. Dengan luas 280 mil, Anda akan menemukan beragam hewan langka disini, salah satunya Penyu Sisik Hawksbill.

Setidaknya ada 20 spot diving yang menjadi surga bagi para penyelam saat ke Bunaken. Dengan jarak pandang mencapai 20 meter, Anda bisa melihat jajaran terumbu karang dan ikan di dasar laut. Tidak hanya dunia bawah laut yang memesona, garis pantai Bunaken sangat eksotis dengan tumbuhan mangrove, serta pohon-pohon tinggi yang menyejukkan.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Liang Beach Bunaken, Kec. Wori, Kab. Minahasa, Sulawesi Utara.

4. Keletambal Bojoh Hill

Keletambal Bojoh Hill

Image Credit: Instagram.com @Irh.1996

Salah satu tempat yang memiliki pemandangan indah dan tentunya aneka fasilitas yang menyenangkan serta sangat wajib untuk Anda kunjungi adalah Keletambal Bojoh yang merupakan tempat yang indah dan menyenangkan. Mengingat tempat ini memiliki pemandangan yang indah dan memukau mata Anda.

Di kelilingi dengan pemandangan Gunung Soputan serta Gunung Manimporok membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini. Terdapat juga beberapa fasilitas yang membuat Anda semakin betah untuk berkunjung ke tempat ini. Seperti ayunan, gubuk, dan lain sebagainya yang membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tombatu, Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara.

5. Puncak Tetetana Kumelembuai

Puncak Tetetana Kumelembuai

Image Credit: Kompasiana.com

Satu lagi Tempat Wisata di Manado yang memiliki konsep dataran tinggi yang bisa Anda kunjungi. Terutama jika mengunjungi kota Manado tempat ini menjadi salah satu pilihan tempat wisata yang bisa Anda pilih. Jika Anda memiliki hobbu mendaki tempat ini menjadi salah satu solusi yang pas yang dapat menjawab hobby Anda tersebut.

Nantinya pada puncak tersebut ada dapat melihat kindahan pemandangan kota Manado dari atas ketinggihan. Bahkan Anda juga dapat melihat kota-kota lain yang ada pada wiayah Sulawesi Utara. Tempat ini selalu ramain di kunjungi di kala terbit matahari atau tenggelamnya matahari.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Suluan, Tombulu, Suluan, Tombulu, Kab. Minahasa, Sulawesi Utara.

6. Welu Cafe and Restaurant

Welu Cafe and Restaurant

Image Credit: Tribunnews.com

Ngopi sambil menikmati pemandangan indah dan menawan menjadi salah satu kenikmati tersendiri yang dapat kita rasakan. Tetapi, pertanyaannya adalah apa ada tempat yang seperti itu di sekitar kita. Tenang, jika Anda menginginkan dan mencari tempat tersebut makan di Welu Cafe inilah tempatnya.

Nantinya ketika mengunjungi tempat ini Anda akan duduk pada sebuah papan yang menghadap langsung ke arah pegunungan. Apa lagi pada tempat ini juga menyediakan aneka kuliner nikmat yang dapat Anda nikmati bersama. Bayangkan ketika sore hari tiba kita dapat menatap matahari tenggelam dengan secangkir kopi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Woloan Satu Utara, Kec. Tomohon Barat, Kota Tomohon, Sulawesi Utara.

7. Taman Kesatuan Bangsa

Taman Kesatuan Bangsa

Image Credit: Wisatasyarta.blogspot.com

Berkunjung ke taman merupakan aktivitas santai yang banyak di pilih. Manado menyediakan tempat untuk itu di Taman Kesatuan Bangsa. Taman dotu lasut ini merupakan taman serbaguna yang banyak di kunjungi pengunjung.

Fasilitas dalam di taman cukup lengkap dengan adanya taman bermain, monumen serta teater terbuka. Cuaca panas yang hinggap terutama di siang hari sedikit tertolong dengan adanya rimbunan pohon di sekitar lokasi wisata.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dotulolong Lasut, Pinaesaan, Kec. Wenang, Kota Manado, Sulawesi Utara.

8. CitraLand WaterPark Manado

CitraLand WaterPark Manado

Image Credit: Befreetour.com

Sesuai penamaannya CitraLand Waterpark ini merupakan destinasi wisata air seru yang ada di Makassar. Lokasi wisata berada di Jalan Royal Utama Mansion Citraland, Winangun. Lokasi demikian merupakan perumahan elit yang ada di Manado.

Tak ayal beragam fasilitas lengkap taman bermain air sangatlah lengkap. Anda dapat menikmati beragam pilihan kolam dengan pilihan kedalaman bervariasi. Permainan air juga banyak sehingga Anda tak akan bosan. Harga tiket masuk untuknya di banderol sebesar Rp 50.000.

Harga Tiket: Rp 35.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Royal Mansion 2, Winangun Satu, Kec. Malalayang, Kota Manado, Sulawesi Utara.

9. GPI Waterpark

GPI Waterpark

Image Credit: Trapedia.com

GPI Waterpark merupakan taman bermain air kedua yang populer di Manado. Selain CitraLand, taman ini begitu populer untuk di kunjungi. Bahkan desain lokawisata terbilang sangat luas serta dianggap terluas di Manado.

Beragam fasilitas taman bermain air tersedia di sini. Tidak hanya untuk dewasa melainkan kolam untuk anak-anak tentu ada. Harga tiket masuk yang dipatok tergolong bersahabat dengan hanya Rp 20.000 pada hari biasa. Sedangkan akhir pekan dengan Rp 40.000.BACA JUGA:  10 Cafe Tempat Nongkrong di Manado Paling Hits

Harga Tiket: Rp 35.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Akasia, Paniki Bawah, Kec. Mapanget, Kota Manado, Sulawesi Utara.

10. Tugu Zero Point

Tugu Zero Point

Image Credit: Mapio.net

Peran Tugu Zero Point sangat penting untuk panduan para pengunjung. Khususnya untuk Anda yang baru pertama kali datang ke Manado. Berada di tugu ini menjadi titik awal kemana pengunjung akan melangkah.

Anda juga bisa melihat dan mengamati bentuk ornamen tugu khas tersebut. Setelah berada di tempat tersebut pengunjung akan lebih jelas mengenai arah mana yang akan di ambil.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jendral Sudirman, Pinaesaan, Kec. Wenang, Kota Manado, Sulawesi Utara.

11. Pulau Siladen

Pulau Siladen

Image Credit: Ardiyanta.com

Lokasinya tepat di sebelah timur laut Pulau Bunaken, Anda bisa menggunakan kapal motor untuk mencapainya. Hamparan pasir putih membentang panjang di atas lahan seluas 31,25 hektar. Anda akan disuguhi dengan keindahan taman laut yang siap memanjakan mata. Diantaranya terumbu karang yang masih terawat, hingga beragam jenis ikan yang cantik.

Diving menjadi aktivitas yang digemari oleh para penyelam pemula atau profesional. Jika kurang mampu mencapai kedalaman, Anda bisa mencoba aktivitas snorkeling. Sembari menyelam Anda bisa mengabadikan fotografi taman laut yang mengagumkan. Anda juga bisa berkeliling menggunakan perahu, yang mana Anda dapat melihat keelokan bawah laut lewat kaca kecil.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bunaken, Kec. Bunaken Kepulauan, Kota Manado, Sulawesi Utara.

12. Hutan Lahendong

Hutan Lahendong

Image Credit: Amazingtomohon.com

Satu lagi tempat indah dan romnatis yang ada di kota Manado yang bisa Anda kunjungi adalah Hutan Lahendong. Merupakan hutan dengan deretan pohon pinus yang menyelimuti dan sejauh kita memandang hanya ada keheningan serta rimbumnya pohon. Di tambah lagi suasana ini di dukung dengan udara sejuk yang ada pada tempat ini membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini.

Pada tempat ini Anda juga akan menemui sebuah kawah yang berisi air panas dari aktifitas vulkani yang ada pada tempat ini. Nantinya Anda juga dapat menikmati keindahan tempat ini degan memesan aneka kuliner dan sajian masakan ataupun kudapan yang telah di sediakan. Bagaimana? Lengkap bukan semua terpadu dengan lengkap dalam satu wisata.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lahendong, Lahendong, Tomohon Selatan, Lahendong, Tomohon Selatan, Kota Tomohon, Sulawesi Utara.

13. Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies

Image Credit: Deadyblog.com

Jika Anda merupakan orang yang lahir pada akhir 90-an mungkin mengerti mengenai acara anak-anak Teletubbies. Anda tahukan bahwa 4 sekawan ini menghuni rumah bawah tanah yang pada sekitar tempat tersebut dikelilingi oleh perbukitan. Begitu pula dengan tempat yang kita bicarakan saat ini.

Di juluki sebagai Bukit Teletubbies di karenakan tempat tersebut memiliki kemiripan. Jika Anda mengunjungi tempat ini sejauh mata memandang akan melihat hamparan hijau indah yang memanjakan mata. Tempat yang masih alami dan indah ini Anda akan mendapati ilalang tumbuh subur seperti permadani hijau yang membentang luas.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Hutan, Kab. Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

14. Gunung Payung

Gunung Payung

Image Credit: Tribunnews.com

Destinasi Wisata di Manado berikutnya yang sangat di rekomendasikan untuk Anda adalah Gunung Payung. Tempat ini sangat di rekomendasikan untuk Anda terutama bagi Anda yang menyukai olahraga mendaki. Mengingat letak surga atau keindahan tempat ini berada pada puncak gunungnya.

Nantinya ketika Anda berhasil mendaki gunung ini dan telah mencapai puncak. Anda akan di sajikan pemandangan indah di kelilingi awan layaknya negeri di atas awan. Namun sedikit informasi bagi Anda bahwa tempat ini memiliki medan yang cukup berat yaitu memiliki kemiringan mencapai 45 derajat saat mendaki nantinya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Ranoyapo, Kab. Minahasa Selatan, Sulawesi Utara.

15. Danau Cinta

Danau Cinta

Image Credit: Tribunnews.com

Tempat ini berada di Pulau Makelehi yang merupakan danau alami yang terbentuk yang mirip bentuk hati. Mungkin tidak akan terlihat secara langsung akan tetapi lebih terlihat jika Anda lihat tempat ini dari ketinggihan. Tidak usah kecewa ketika Anda tidak bisa melihat bentuk hati pada danau ini dari ketinggihan.

Karena selain bentuk khas yang terkenal tersebut Anda bisa menikmati keindahan dari bawah. Hamparan pasir putih terhampar luas dengan banyak pepohonan tinggih mengelilingi tempat ini. Apalagi hal tersebut juga di dukung dengan warna air dari danau tersebut yang terlihat indah.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Makalehi, Kab. Kepulauan Siau, Tagulandang, Biaro, Sulawesi Utara.

16. Pantai Tangonggor

Pantai Tangonggor

Image Credit: Instagram.com @Takshuu

Beberapa wisata pada daerah Manado kebanyakan di dominasi dengan aneka wisata pantai. Mengingat daerah ini berada pada dataran rendah akan tetapi pantainya tetap tidak bisa di anggap remeh yah kawan. Mengingat hampirsemua pantai pada tempat ini memiliki karakteristik dan cirinya tersendiri.

Termasuk salah satunya adalah panta tangonggor yang merupakan pantai alami dengan keindahan yang masih terjaga. Pantain ini di kelilingi tebing indah yang membuat Anda semakin betah melihat bentang alam yang ada di tempat ini. Serta pemandangan tersebut di dukung dengan tumbuhan liar atau ilalang yang tumbuh di sekitar membuat semakin lengkap keindahan tempat ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tangonggor, Tulap, Kombi, Kab. Minahasa, Sulawesi Utara.

17. Pulau Manado Tua

Pulau Manado Tua

Image Credit: Wikipedia.org

Wisata ini termasuk dalam gugusan Taman Nasional Bunaken, jaraknya bisa ditempuh dengan speed boat. Perairan pulau ini sangat bersih dan jernih, ditambah warna pasir putih sedikit pink yang menambah kecantikan. Keindahan bawah lautnya sangat terjaga sebab ada undang-undang yang melindungi. Alhasil terumbu karang masih alami dan ikan-ikan berenang bebas.

Dari bibir pantai, Anda dapat melihat gugusan volcano yang menjadi latar pulau. Selain keunikan volcano bawah laut, ada beragam jenis ikan yang jarang ditemukan di wisata lain. Seperti lumba-lumba, dugong, kuda laut, dan beberapa ragam biota laut lainnya. Waktu senja menjadi momen yang paling ditunggu, sebab kawasan pantai semakin menampakkan sisi eksotisnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Manado Tua Satu, Kec. Bunaken Kepulauan, Kota Manado, Sulawesi Utara.

18. Air Terjun Ratahan Telu

Air Terjun Ratahan Telu

Image Credit: Pusatinfowisata26.blogspot.com

Kota Manado juga memiliki wisata alam menarik. Salah satunya ialah air terjun ratahan telu. Penamaannya yang demikian terkait dengan curug yang memiliki tiga tahapan air. Meski yang dapat dikunjungi ialah tahapan yang ketiga.

Anda dapat menuju lokasi wisata ini baik menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Namun dibutuhkan lumayan perjalanan kaki selama beberapa menit sebelum sampai. Meski air terjun sangat indah sayangnya beberapa tempat masih tak luput dari sampah berserakan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Kali, Kec. Pineleng, Kota Manado, Sulawesi Utara.

19. Tugu Boboca

Tugu Boboca

Image Credit: Flickr.com @Ronny Adolof Buol

Bersantai di tempat yang indah tentu menjadi pilihan menarik selama liburan. Ketika Anda berada tak jauh dari pantai malalayang, tidak lengkap jika tak mampir di tugu Boboca. Di tugu ini pengunjung bisa menikmati hiliran angin sepoi-sepoi sembari menikmati pemandangan yang ada.BACA JUGA:  5 Minuman Khas Manado yang Wajib Dicoba

Penamaan tugu ini sesuai dengan bentuknya yang seperti Boboca. Tugu ini juga sudah mengalami beberapa kali renovasi sehingga fasilitas yang ada semakin lengkap dan terjaga.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Malalayang Dua, Kec. Malalayang, Kota Manado, Sulawesi Utara.

20. Museum Perjuangan Rakyat Sulut

Museum Perjuangan Rakyat Sulut

Image Credit: Detikmanado.com

Mengunjungi museum merupakan aktivitas seru sekaligus menambah ilmu. Apalagi museum tersebut menyimpan benda dan ilmu-ilmu terkait sejarah. Di Manado ada museum demikian dengan nama museum perjuangan rakyat sulut.

Di dalam museum tersimpan beragam benda dan catatan bersejarah. Mulai dari foto kisah sejarah, buku-buku, ada pula beragam foto pahlawan kemerdekaan. Museum ini menyimpan lengkap dengan kemasan menarik.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sam Ratulangi No.27, Wenang Utara, Kec. Wenang, Kota Manado, Sulawesi Utara.

21. Pura Jagadhita Taas Manado

Pura Jagadhita Taas Manado

Image Credit: Hindumenulis.com

Selain wisata alam yang lengkap di Manado, wisata religi pun banyak di pilih. Ada beberapa tempat keagamaan di kota ini. Salah satunya ialah Pura Jagadhita Taas. Lokasi pura berada di perbukitan meski masih termasuk dalam pusat kota Manado.

Pendirian pura ini mulai dibangun pada tahun 1983 oleh krama Bali. Desain pura di buat sangat unik serta sudah mengalami beberapa kali renovasi. Hal itu membuat desain bangunan masih terjaga dengan sangat baik.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Taas, Kec. Tikala, Kota Manado, Sulawesi Utara.

22. Patokan Beach Jiko

Patokan Beach Jiko

Image Credit: Instagram.com @reyniputri

Tempat selanjutnya yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Manado adalah Patokan Beach Jiko. Merupakan sebuah pantai indah dengan hamparan pasir putih yang menawan serta kondisi lungkungan pantai yang indah dan terawat. Tempat ini merupakan pantai yang masih tersembunyi mengingat tempat ini di kelilingi dengan tebing.

Pada beberapa sisinya jadi secara tidak langsung orang-orang kurang terlalu mengenrti keberadaan surga tersembunyi ini. Keindahan pantai ini cukup di perhitungkan mengingat keindahan pantai ini sempat di sejajarkan dengan pantai-pantai yang sudah sangat di kena di Indonesia. Tentunya rugi jika Anda tidak mengunjungi pantai ini ketika berada di Manado.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nuangan, Kab. Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara.

23. UPTD Museum Negeri Provinsi Sulawesi Utara

UPTD Museum Negeri Provinsi Sulawesi Utara

Image Credit: Google Maps (Miftakhul Jannah)

Bangunan museum terdiri dari tiga lantai dengan halaman yang asri dan pepohonan rindang. Model wisatanya mengusung konsep kebudayaan rumah adat ala Minahasa. Ketika menginjakkan kaki di halaman depan, Anda akan menjumpai koleksi ornamen kuno. Di dalam museum ada sekitar 2.810 buah koleksi yang bernilai sejarah dan langka.

Anda bisa berkeliling ke satu per satu ruangannya, dan melihat pajangan galeri yang dipamerkan. Ada pula sarana edukasi yang baik untuk buah hati, yaitu pengetahuan singkat mengenai cara membuat gerabah. Bahkan gerabah-gerabah buatan masyarakat setempat juga dipajang disini. Di museum ini Anda juga mendapati display tata pelaminan dan pakaian adat orang Minahasa.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. W.R. Supratman No.72, Lawangirung, Kec. Wenang, Kota Manado, Sulawesi Utara.

24. Rumah Alam Adventure Park

Rumah Alam Adventure Park

Image Credit: Instagram.com @amincun

Salah satu tempat yang dapat memberikan liburan berkesan bagi Anda dan keluarga salah satunya adalah Rumah Alam Adventure Park. Tempat ini memberikan sensasi berpetualang di alam bebas bersama teman atau pasangan Anda.Kondisi tempat ni di desain sedemikian rupa untuk dapat Anda nikmati nantinya.

Nantinya pada tempat ini Anda akan menemui medan perbukitan, gunung, lembah yangbisa Anda jelajahi. Ketika mengunjungi tempat ini nantinya Anda tidak perlu takut terserah atau di serang hewan buas yah kawan. Mengingat keamanan selalu siap menanggulangi segala sesuatu yang tidak di inginkan.

Harga Tiket: Rp 35.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ring Road Manado II, Kairagi Satu, Mapanget, Kota Manado, Sulawesi Utara.

25. Air Terjun Pontak

Air Terjun Pontak

Image Credit: Instagram.com @boulovuyu_bolmut

Ada yang unik dengan air terjun yang satu ini mengingat air terjun ini hanya memiliki ketinggihan 7 meter dari permukaan tanah. Namun untuk masalah keindahan dan kejernihan air dari air terjun ini. Hal tersebut tidak perlu Anda ragukan lagi di tambah lagi ada kolam alami yang terdapat pada sekitar air terjun tersebut.

Jadi Anda bisa bermain air sepuas Anda di dukung dengan kondisi daerah sekitar tempat ini yang masih segar udaranya. Jadi ketika lelah selama perjalanan menghabiskan waktu untuk sekedar berendam untuk melepas penat dan menyegarkan diri bolehkan. Langsung datang dan buktikan sendiri keindahan daerah ini nantinya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Gihang, Kaidipang, Kab. Bolaang Mongondow Utara, Sulawesi Utara.

26. Pantai Canada

Pantai Canada

Image Credit: Instagram.com @priscaasupit

Memiiki nama Canada bukan berarti pantai yang satu ini berada di negara Canada yah kawan. Tempat ini merupakan salah satu tempat yang sangat di rekomendasikan untuk Anda. Mengingat pada tempat ini terdapat banyak hiasan yang berasal dari hasil alam yang membuat tempat ini seperti memiliki gerbang.

Jika di tarik kebelakang tentunya tidak nyamabung dan dari mana asal nama Canada yang melekat pada tempat ini. Hal ini di karenakan tempat ini pernah di jaga dan di rawat oleh seorang warga dengan kebangsaan Canada. Tempat ini memiliki pemandangan yang indah dengan hamparan pasir putih serta air yang jernih pada pantainya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Batuputih, Kota Bitung, Sulawesi Utara.

27. Manado Skyline

Manado Skyline

Image Credit: Google Maps (Didik Budiantoro)

Wisata ini berada di Bukit Tetempangan yang letaknya 568 meter di atas permukaan laut. Dari ketinggian Anda bisa menyaksikan hamparan perkebunan cengkih dan kelapa. Panorama bak permadani hijau benar-benar menyejukkan hati, cocok untuk Anda yang ingin melepas penat. Pemandangan laut dan pegunungan bisa menjadi background apik untuk swafoto.

Para wisatawan bisa menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam dari atas bukit. Tidak sedikit pula traveler yang datang di malam hari untuk melihat full moon setiap bulan. Bagi yang gemar memacu adrenalin, Anda boleh mencoba paralayang yang memiliki tiga titik arah lepas landas. Berkat keunggulan yang dimiliki kini Manado Skyline jadi andalan wisata saat berlibur.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Koha, Kec. Pineleng, Kab. Minahasa, Sulawesi Utara.

28 . Air Terjun Tumimperas

Air Terjun Tumimperas

Image Credit: Amazingtomohon.com

Air terjun ini memiliki ketinggih kurang dari 70 meter serta memiliki debit air jatuh yang tidak terlalu tinggi. Membuat air yang jatuh menghasilkan suara yang lembut di telinga Anda, tempat ini menjadi salah satu tempat yang masih terjaga kelestariannya. Air yang jernih serta pepohonan yang masih rindang.

Membuat air yang mengalir di tempat ini masih memiliki debit yang cukup tinggi. Karena hal tersebut tidak terlepas dari masih banyaknya pepohonan yang mengitari tempat ini dan masih terjaga hingga sekarang. Nantinya aliran dari air terjun ini akan mengalir dan menjadi kebutuhan warga.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pinaras, Tomohon Selatan, Kota Tomohon, Sulawesi Utara.

29. Mercusuar Kota Manado

Mercusuar Kota Manado

Image Credit: Wisatasia.com

Bagi Anda yang ingin merasakan pengalaman liburan seru dan berbeda bisa datang ke Mercusuar kota Manado. Lokasi wisata ini beralamatkan di Pinaesaan yang tak terlalu jauh dari pusat kota.BACA JUGA:  Taman Laut Tumbak, Wisata Bahari Unggulan di Minahasa Tenggara

Anda dapat menaiki mercusuar untuk melihat pemandangan alam sekitar Manado dari ketinggian. Tidak hanya itu, angin sepoi-sepoi senantiasa menyambut keseruan. Berlama-lama di situ membuat Anda seperti sedang berada di jaman Belanda.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pinaesaan, Kec. Wenang, Kota Manado, Sulawesi Utara.

30. Pantai Malalayang

Pantai Malalayang

Image Credit: Detikmanado.com

Pantai selalu menarik untuk dikunjungi. Apalagi keindahan pantai teramat terjaga seperti di pantai Malalayang. Anda yang ingin berkunjung tidak perlu panik mengenai jarak tempuh sebab tak jauh dari pusat kota. Jaraknya hanya sejauh 4 km atau hanya butuh 10 menit untuk sampai.

Nuansa pantai masih sangat alami. Dengan pasir hitam serta beragam fasilitas lengkap. Anda bisa menikmati bermacam aktivitas seru. Jika suka diving, ada pula spot diving super keren. pengunjung akan disambut biota laut indah sepanjang menyelam.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Laut Sulawesi, Malalayang Dua, Kec. Malalayang, Kota Manado, Sulawesi Utara.

31. Modoinding

Modoinding

Image Credit: Sulutpos.com

Modoinding banyak di juluki sebagai dapurnya Indonesia Timur. Hal demikian tak terlepas dari beragam sayuran mampu di hasilkan di tempat ini. Hamparan lahan pertanian subur menjadi sarana yang begitu menyejukan di mata.

Modoinding sangat potensial sebagai daerah aerowisata. Daerah ini meliputi 10 desa yang terletak di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Anda akan merasakan kesegaran ketika mengeksplor tempat ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pinasungkulan Utara, Kec. Modoinding, Kab. Minahasa Selatan, Sulawesi Utara.

32. Air Terjun Kali

Air Terjun Kali

Image Credit: Twitter.com @halal_traveling

Akses jalan menuju air terjun melewati rute yang cukup sulit, sebab jalurnya tertutup oleh batang-batang kayu dan rerumputan. Jika sudah semakin dekat dengan area curug, jalanan terus menurun dan licin. Begitu tiba Anda akan menemukan 3 buah air terjun dengan ketinggian yang berbeda-beda. Paling tinggi mencapai 60 meter sedangkan yang terendah sekitar 20 meter.

Anda akan dibuat takjub dengan panorama bukit dan pohon-pohon hijau, serta tebing kokoh yang mengelilinginya. Dihiasi jembatan kecil yang membentang di atas aliran sungai dari curug. Ada kolam tampung tepat di bawah curug namun tidak boleh berenang disana sebab terlalu dalam. Jadi Anda bisa menikmati kesegaran air dengan berdiri di atas jembatan yang melintang.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kali, Kec. Pineleng, Kab. Minahasa, Sulawesi Utara.

33. Gunung Klabat

Gunung Klabat

Image Credit: Pegipegi.com

Mendaki gunung merupakan kegiatan seru yang banyak di lakukan. Banyak gunung mungkin sudah Anda kunjungi, bila berkunjung ke Manado bisa mengunjungi Gunung Klabat. Ketinggian pada gunung ini mencapai 1995 mdpl sehingga membutuhkan perjuangan untuk sampai puncak.

Untuk mendaki, Anda harus menyiapkan mental dan stamina ekstra mengingat medan yang dihadapi tidak mudah. Ada 6 pos pendakian di Gunung Klabat, nah di pos 6 inilah Anda bisa merasakan keindahan alam yang menakjubkan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lembean, Kec. Kauditan, Kab. Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

34. Pantai Abadi

Pantai Abadi

Image Credit: Instagram.com @yessy.permatasari

Di sebut dengan PantaiAbadi karena tempat ini mulai dari dahulu hingga saat ini masih terjadi dan terawat keindahanya. Maka dari itu kata abadi layak di sematkan pada tempat ini mengingat keadaanya tersebut. Tempat ini menjadi salah satu Objek Wisata di Manado yang menarik dan layak untuk Anda kunjungi bersama keluarga Anda.

Tempat ini bisa di katakan masih terawat mengingat tidak banyak orang yang mengetahui hingga saat ini. Mungkin salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut adalah akses tempat ini yang kurang di ketahui oleh pengunjung. Jika menginginkan tempat yang indah dan damai untuk di kunjungi tempat ini bisa jadi pilihan utama Anda nantinya.

Harga Tiket: Rp 10,000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nuangan, Kab. Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara.

35. Golden Lake Waterpark

Golden Lake Waterpark

Image Credit: Google Maps (Jeremia David Anthony Paduli)

Bila berangkat dari pusat kota akan memakan waktu sekitar 17 menit, barulah tiba di lokasi wisata. Waterpark ini menyuguhkan tiga kolam renang, dengan porsi kedalaman masing-masing. Ada pula wahana air yang turut hadir seperti kolam arus, lima seluncuran air, hingga ember besar. Di samping kolam sudah tersedia meja dan kursi, serta kantin yang menjual makanan ringan.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tingkulu Valley, Wanea, Tingkulu, Kec. Wanea, Kota Manado, Sulawesi Utara.

36. Tangkoko National Park

Tangkoko National Park

Image Credit: Manadosafaris.com

Di tempat ini merupakan rumha kedua bagi hewan-hewan lokal dan hewan langkah. Tempat ini mejadi salah satu ujung tombak dalam memerangi kepunahan yang terjadi pada hewan tersebut. Akibat pemburuan liar kerusakan lingkungan dan lain sebgainya.

Untuk mengerti hewan apa saja yang menjadi koleksi dari tempat ini Anda bisa langsung mengunjungi tempat ini. Beberapa jenis primata dan berbagai macam jenis hewan juga ada di tempat ini. Selain menambah pengetahuan dan juga dapat turut serta membantu dan mendukung program ini nantinya.

Harga Tiket: Rp 150.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pinangunian, Aertembaga, Kota Bitung, Sulawesi Utara.

37. Patung Yesus Memberkati

Patung Yesus Memberkati

Image Credit: Wikipedia.org

Mayoritas penduduk di Manado menganut agama Nasrani. Patung Yesus ini bisa menjadi simbol hal demikian. Bila di cermati bentuk patung agak mirip yang ada di Rio de Janeiro, Brazil. Makna dari patung ialah Yesus memberkati rakyat Manado.

Pembangunan patung tidak hanya untuk kaum Nasrani melainkan juga sebagai lambang kerukunan antar agama. Tinggi patung mencapai 50 meter dengan kemiringan mencapai 20 derajat.  Anda dapat melihat monumen ini ketika berada di perumahan Citraland.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Winangun Satu, Kec. Malalayang, Kota Manado, Sulawesi Utara.

38. Kampung Cina

Kampung Cina

Image Credit: Kelung.com

Kerukunan beragam begitu terjaga di kota Manado. Selain ditemukan pura sebagai tempat peribadatan hindu, Anda juga dapat melihat kampung Cina. Kampung ini terletak di Jalan Panjaitan, Calaca, Wenang.

Ketika mengunjungi kampung Cina, pengunjung dapat melihat kelenteng yang banyak dikunjungi wisatawan seperti Ban Hing Jiong dan Ban Hing Jiong. Anda bisa berswafoto dari halaman luar kelenteng.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. D. I. Panjaitan No.48-6, Calaca, Kec. Wenang, Kota Manado, Sulawesi Utara.

39. Patung Pejuang Kemerdekaan

Patung Pejuang Kemerdekaan

Image Credit: Indonesiakaya.com

Monumen ini dibangun untuk mengenang tokoh Sulawesi Utara dalam mempertahankan kemerdekaan. Kedua patung ini adalah Wolter Monginsidi dan Piere Tendean, yang berdiri tegak dengan seragam tentara. Letaknya berada di sebuah taman, di tengah-tengah Jalan Bethesda dan Jalan Pierre Tendean. Waktu sore paling asyik untuk menikmati semilir angin di area taman ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sario Kotabaru, Kec. Sario, Kota Manado, Sulawesi Utara.

40. Tondok Hills

Tondok Hills

Image Credit: Instagram.com @mokogintaisal

Tempat terakhir dalam pembahasan tempat wisata yang ada di kota Manado adalah Tondok Hills. Pada bukit ini Anda bisa menikmati kindahan kota dari atas ketinggihan serta suasana alami dan tenang akan membuat Anda betah di tempat ini. Sejauh mata memandang Anda akan di suguhi pemandangan karpet hijau yang menhampar luas.

Tempat ini tidak terlalu ramai dikunjungi jadi Anda tidak perlu khawatir untuk terganggu dengan keramaian yah kawan. Ketika mengunjungi tempat ini di jamin Anda tidak akan jenuh memandangi keindahan alam sekitar. Tunggu apa lagi segera kunjungi dan nikmati semua fasilitas yang tersedia di tempat ini.

Harga Tike: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Mooat, Kab. Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara.

Itulah 40 rekomendasi tempat wisata terbaik di Manado yang populer dikunjungi wisatawan. Meski belum begitu populer sebagai tempat pariwisata nyatanya Manado memiliki ciri khas tersendiri yang unik.